Thursday, November 22, 2018

Menentukan Lokasi Pembuatan Sumur


Tujuan menentukan lokasi atau titik pengeboran, kedalaman pengeboran dan diameter sumur sehingga bisa memberikan kualitas air dan aliran air yang sangat baik. Selain itu hal ini pentung untuk menjaga jarak ideal sumur dari septic tank, bidang resapan yang dapat  mengkontaminasi sumur, jalan raya dan lahan pertanian.
Ada beberapa yang menjadi pertimbangan adalah jarak sumur bor dari rumah, akses peralatan sumur bor untuk pengeboran, dan pemeliharaan. Sumur yang jauh dari rumah akan meningkatkan biaya pemasangan, selain itu juga beberapa pertimbangan seperti jangan sampai ada sumur di halaman depan atau di taman karena dapat merusak suasana dan pemandangan rumah. Oleh karena itu sebelum memulai pengeboran, harus ada kesepakatan antara tukang sumur bor dan pemilik rumah.

Peralatan Pembuatan Sumur
Alat-alat dalam penggalian dan pengeboran sumur secara manual diantaranya seperti berikut,
1. Kunci monyet, bentuknya hampir sama seperti kunci inggris, alat ini berfungsi untuk pemegang ketika dilakukan penyambungan.
2. Pipa silang empat, digunakan untuk pegangan ketika memutar pipa yang digubungkan dengan mata bor, namun biasanya di atasnya terdapat pemberat karung yang berisi tanah dengan bobot sekitar 20 kg.
3. Pipa batang, yang berukuran 1 inci dan penjangnya 6 meter, digunakan untuk batang penyambung mata bor yang disesuaikan dengan kedalaman sumur.
4. Mata bor, sebuah pipa dengan memiliki diameter 3 inchi atau 4 inci yang kisaran panjangnya sekitar 2 meter ujung pipa tersebut kecil, berukuran sekitar 1 inci sebagai penyambung pipa batangan.
Jenis-jenis sumur yang digunakan oleh masyarakat Indonesia berbeda-beda, hal ini tentu mempengaruhi teknik pembuatannya dan biaya pembuatan dengan ataupun tanpa menggunkaan jasa pembuatan sumur. Namun, fungsi utama sumur tetap untuk mendapatkan sumber mata air yang bersih dan jernih untuk dikonsumsi.

tag : jasa sumur bor, jasa sumur bor depokjasa sumur bor bekasi, jasa sumur bor bogor, jasa sumur bor adalah, jasa bor sumur jakarta, jasa bor sumur airjasa sumur bor bogor jawa barat,jasa sumur bor di bogor,harga jasa sumur bor bekasi, jasa sumur bor jakartajasa sumur bor jakarta pusat, jasa sumur bor jakarta selatan,jasa sumur bor kota depok jawa baratjasa sumur bor leuwiliangjasa sumur bor murah kota depok jawa barat,olx jasa sumur borjasa sumur bor tangerang, jasa sumur bor terdekat, jasa sumur bor tangsel, jasa sumur bor tangerang selatan, jasa bor sumur bekasi utara, jasa sumur bor cv. perkasa kota bks jawa barat, usaha jasa sumur borperkasa jaya bor jasa sumur bor murah di bogor dan depok, jasa sumur bor wilayah bogor, jasa sumur bor murahjasa sumur bor mesin, jasa sumur bor manual.

No comments:

Post a Comment