Thursday, November 22, 2018

Jenis-Jenis Sumur

Jenis-jenis sumur yang umumnya dipakai oleh masyarakat indonesia ada berbagai macam bentuk, cara pembuatan sumur pun terdapat berbagai macam cara mulai dari yang dikerjakan secara manual ada juga yang dikerjakan dengan menggunakan mesin mesin bor yang canggih, untuk menghasikan kualitas air sumur yang baik.
Jenis-Jenis Sumur Masyarakat Indonesia
Jenis-jenis sumur dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi juga mempengaruhi cara pembuatan sumur dan jelas akan meningkatkan kualitas air yang dihasilkan juga. Berikut akan beberapa jenis sumur yang sering kita jumpai di sekitar lingkungan kita. Antara lain:

Sumur gali merupakan salah satu jenis sumur yang pengerjaannya masih dilakukan secara manual dengan cara menggali tanah hingga menemukan sumber air yang tepat. Hasil galian tersebut diberi dinding sumur agar tanah tidak mengalami kelongsoran. Kedalaman sumur gali tidak terlalu dalam hanya sekitar 10 hingga 20 meter, tergantung di mana lokasi membuat sumur gali tersebut.
Lokasi di dataran tinggi ataukah di dataran rendah, dan jika penggalian sudah mencapai sumber air sumur gali akan dihentikan. Karena hanya mengandalkan tenaga manusia untuk membuat sumur gali, pengerjaan sumur gali biasanya memakan waktu yang cukup lama.
Alat yang digunakan untuk menaikan air ke permukaan tanah, biasanya dilakukan secara tradisional yaitu dengan menggunakan tali yang ujungnya diikat dengan ember dan dikerek ke atas. Sumur gali terdiri dari,
1. Bangunan bawah disebut sumur pengumpul, berfungsi untuk menyadap/ mengumpulkan air. Struktur bangunan bawah menggunakan dinding dari cincin beton atau pasangan batu bata sebagai pengaman dindingnya dan juga berfungsi sebagai penyaring.
2. Bangunan atas, terdiri dari bibir sumur, tiang penyangga , lantai sumur dan saluran untuk mengalirkan air bekas mandi dan mencuci.
                                                                                                                             

Sumur pompa tangan dibuat dengan cara mengebor tanah hingga kedalaman tertentu sampai mencapai sumber air. Setelah sumur sudah dibuat kemudian dipasang pipa hisap yang di ujung atasnya disambung dengan pompa air manual yang menggunakan kayuhan tangan manusia untuk menaikan airnya ke permukaan tanah.
Sumur jenis ini juga dikerjakan secara manual oleh tenaga manusia, dengan kelebihan yang tidak memakan tempat yang luas dan tidak memerlukan tenaga listrik untuk mendapatkan air. Kedalaman sumur ini yaitu sekitar 10 hingga 20 meter tergantung kondisi lokasi. Namun, kendalanya pada kerusakan pompa air yang sering terjadi.
                                                                                                               

Sumur bor menggunakan peralatan yang lebih canggih, dengan menusukan mata bor yang sudah disambung dengan pipa besi kemudian ditancapkan secara vertikal ke dalam tanah. Material tanah dan pasir dinaikkan sedikit demi sedikit menggunakan mata bor tersebut, untuk menjaga agar tidak mengalami kelongsoran dinding sumur dibuat menggunakan pipa paralon yang dimasukan ke dalam lubang yang sudah dibor.
Selanjutnya memasukan pipa hisap yang di ujung bawahnya sudah diberi saringan dan dop. Dan unjung pipa hisap bagian atas disambungkan dengan mesin pompa untuk menaikan air ke permukaan tanah, dengan kedalaman sumur bor yang baik mencapai 50-60 meter di bawah permukaan tanah.
                                                                                                    
Sumur artesis adalah sumur modern yang dibuat dengan menggunakan peralatan yang canggih dan modern yang dapat menembus berbagai lapisan yang ada di dalam tanah, baik lapisan tanah liat yang berlumpur hingga lapisan tanah yang berbatu. Cara pembuatan sumur artesis yaitu dengan menancapkan mata bor secara vertikal ke dalam tanah hingga mencapai lapisan tanah aquifer yang mengandung sumber air yang sangat sangat melimpah.
Air yang terdapat di lapisan equifer memiliki tekanan yang cukup tinggi bahkan ada sumur artesis yang tidak membutuhkan pompa untuk menaikan air dalam tanah ke permukaan karena tekanan air alami yang sangat tinggi. Pengerjaan sumur artesis hanya dapat dilakukan oleh tenaga tenaga ahli dengan peralatan yang mumpuni. Kedalaman sumur ini dapat mencapai kedalaman 250 meter dari permukaan tanah dan melewati lapisan tanah yang padat dan keras.
                                                                                                                
Sumur resapan yang dibuat menyerupai bentuk dari sumur gali dengan tingkat kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai wadah untuk menampung air hujan yang turun untuk meresapkannya ke dalam tanah. Sasaran yang ditentukan untuk resapan air biasanya berada di kawasan budidaya, pemukiman, perkotaan, pertokoan, industri dan lain sebagainya. Sumur resapan berfungsi memberikan tambahan air dengan metode memasukan air hujan ke dalam lapisan tanah.
1. Mengurangi aliran air ke permukaan sehingga dapat mencegah terjadinya banjir dan genangan air.
2. Mempertahankan dan meningkatkan tinggi permukaan air tanah.
3. Mengurangi erosi dan sedimentasi
4. Dapat membantu menahan intrusi air laut untuk daerah yang berada dekat dengan pantai.
5. Mencegah penurunan tanah
6. Mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah.
                                                                                                                    

tag :  jasa sumur bor, jasa sumur bor depokjasa sumur bor bekasi, jasa sumur bor bogor, jasa sumur bor adalah, jasa bor sumur jakarta, jasa bor sumur airjasa sumur bor bogor jawa barat,jasa sumur bor di bogor,harga jasa sumur bor bekasi, jasa sumur bor jakartajasa sumur bor jakarta pusat, jasa sumur bor jakarta selatan,jasa sumur bor kota depok jawa baratjasa sumur bor leuwiliangjasa sumur bor murah kota depok jawa barat,olx jasa sumur borjasa sumur bor tangerang, jasa sumur bor terdekat, jasa sumur bor tangsel, jasa sumur bor tangerang selatan, jasa bor sumur bekasi utara, jasa sumur bor cv. perkasa kota bks jawa barat, usaha jasa sumur borperkasa jaya bor jasa sumur bor murah di bogor dan depok, jasa sumur bor wilayah bogor, jasa sumur bor murahjasa sumur bor mesin, jasa sumur bor manual.

No comments:

Post a Comment